07 June 2019

Ternyata ini alasan Sosmed Kamu Gampang Kena Hack!

Seiring perkembangan zaman, sosial media kini menjadi makanan sehari-hari baik dari kalangan mana pun. Banyaknya pengguna diiringi dengan banyaknya permasalahan yang dialami, mulai dari lupa password hingga kena hack. Kok bisa sih?

Jadi begini, ada dua teknik umum yang dilakukan untuk penyerangan pengambil alihan akun yaitu Bruteforce dan Phising, untuk orang awam pasti asing mendengar kalimat tadi, sebelum jauh melangkah perlu kita pahami terlebih dahulu apa itu Bruteforce? Bruteforce adalah percobaan yang dilakukan untuk mencoba setiap kombinasi  username dan password berulang kali.

Contoh sederhananya, jika kalian lupa password kalian mencoba setiap kombinasi password yang pernah kalian pakai, perbedaanya jika bruteforce menggunakan tools atau aplikasi yang mengulang (looping) hingga memenuhi syarat (True atau Kombinasi tersebut cocok)

Kok penyerang bisa tau sih kombinasinya password yang biasa kita pakai?
Ini adalah salah satu kebiasaan pengguna yang buruk, dan biasanya perempuan. Karena perempuan biasanya menggunakan password yang kombinasinya tidak jauh dari nama depan, nama belakang, binatang kesukaan, tanggal kelahiran, tanggal jadian, nama doi, bahkan nama mantan. Sangat mudah ditebak bukan?
Contoh: Ilham02022018

Itu hanya salah satu cara dari sekian banyaknya cara yang penyerangan lakuin. Untuk menghindari hal tersebut, jangan menggunakan password yang mudah ditebak usahakan pakai kombinasi huruf besar huruf kecil, angka dan kombinasi lainnya.
Contoh: $%SAlyCO56@
Susah diingat bukan? Catat di note, smart phone for smart people.

Masih bingung nih kak, kok penyerang tau apa aja kata yang sering aku pake?
Mengenai masalah itu, ada ilmu tersendiri yang membahasnya namanya social engineering.

Saran:
Jangan gunakan password yang kombinasinya familiar dan tercantum pada KBBI.
Boleh kalian cari di google, "Password dictionary.txt" itu kumpulan password yang udah ke leaked, maksudnya adalah akun yang pernah kena hack dikumpulin dijadiin satu buat melancarkan serangan bruteforce tersebut.
Penyerangan bisa terjadi kapan saja, seperti maut. Ayo ganti password!
Ini salah satu contohnya kemarin, teman saya kena bruteforce: 


1 komentar

This comment has been removed by the author.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Memberi saran juga boleh ;)
EmoticonEmoticon