16 June 2019

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Melamar Pekerjaan

Banyak faktor pendukung untuk diterima di suatu perusahaan, mulai dari surat lamaran, CV, kelengkapan dokumen hingga saat interview.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam melamar pekerjaan.

Surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja lebih baik ditulis tangan karena ada nilai lebih trus keliatan ada niat & usaha.

Mencantumkan posisi jabatan

Misalkan pada iklan tertulis beberapa bagian yang dibutuhkan, tulis salah satu yang dimaksud, jika di iklan terdapat kode jabatan harus dicantumkan.

Daftar riwayat hidup

Dibuat sendiri aja boleh pakai komputer, soalnya kalo ditulis tangan takut ada yang nggak kebaca kan bahaya bagian penting soal data diri. 

Sertifikat

Tambahkan sertifikat yang penting, jangan terlalu banyak.

Kartu kuning atau Angka 1

Dulu namanya kartu kuning karena warna kertasnya kuning, sejak tahun 2009an warna berubah jadi putih tapi masih banyak menyebutnya kartu kuning. Kartu kuning/Angka 1 ini adalah kartu tanda bukti pendaftaran pencari kerja, yang belum punya bisa buat di Disnaker kalo gasalah biaya administrasi 10k. Kartu ini diperpanjang 6 bulan sekali.

Masa berlaku iklan

Perhatikan masa berlaku iklan, jangan sampai iklan bulan januari kita baru melamar bulan april atau iklan tsb memiliki masa akhir pendaftaran.

Info lowongan kerja

Info lowongan kerja bisa di dapatkan di website resmi naker.go.id

Percaya diri

selain hal hal diatas yang ini juga termasuk dalam penilaian suatu perusahaan mau menerima kamu, saat interview mungkin kamu akan merasa gugup, gelisah dll, salah satu hal yang harus kamu lakukan adalah percaya diri, karena dengan percaya diri perusahaan akan melihat kemampuan kita dalam bidang yang kita geluti, hal ini memberikan poin plus kita agar diterima di perusahaan yang kita inginkan.

Semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Memberi saran juga boleh ;)
EmoticonEmoticon