07 June 2019

Cara Mengawetkan Susu Sapi

Susu sapi merupakan minuman tinggi kalsium, vitamin, dan memiliki keseimbangan nutrisi sempurna yang tidak dapat digantikan oleh bahan makanan lain.

Namun, susu sapi ini tidak dapat bertahan lama dan mudah basi. Usia susu sapi hanya 5-8 jam setelah diperas. Jangan khawatir, kami punya tips agar susu sapi dapat bertahan lama. Mau tau? yuk baca tipsnya berikut ini:

Membekukan susu sapi

Pembekuan dapat membuat usia susu lebih lama dan tidak mudah basi, dengan cara dibekukan inilah susu sapi dapat bertahan 3-5 hari.

Hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pembekuan pada susu adalah sifatnya yang akan mengembang. Maka, kamu tidak boleh membekukannya dalam botol kaca karena akan mengalami keretakan. Oleh sebab itu, berikanlah ruang ekstra pada kemasan di freezer dan jangan membiarkan kemasan terjepit di dalam freezer.

Sebagai tambahan, susu sapi akan berubah warna menjadi kekuningan saat dibekukan, jadi jangan heran saat melihatnya berubah warna. Hal tersebut tidak berarti susu tidak aman dikonsumsi.

Mendinginkan susu sapi

Cara mendinginkan susu sapi terdapat beberapa cara yaitu dengan mesin cooling susu atau kulkas. Kamu bisa menggunakan salah satunya, namun untuk kulkas diusahakan susu disimpan di area yang dekat dengan pendinginan seperti dibawah freezer, dengan cara ini susu sapi dapat bertahan 2-3 hari.


Memanaskan susu sapi

Pemanasan yang dilakukan ini dapat diberi tambahan gula ataupun tidak tergantung selera anda, dengan cara ini dapat memperpanjang usia susu sapi hingga 1-2 hari.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Memberi saran juga boleh ;)
EmoticonEmoticon